Rabu, 16 Januari 2008

Segera Dibahas, Calon Manajer dan Pelatih

Setelah manajemen tim menyampaikan laporan pertanggungjawabannya pada Minggu (13/1), pengurus harian Persib Bandung dikabarkan bakal segera membahas dan mengevaluasi laporan tersebut untuk selanjutnya membahas pembentukan tim yang akan diterjunkan di Liga Super Indonesia (LSI) 2008, termasuk penetapan manajer dan pelatih. Namun, kapan waktu pembahasan tersebut, masih belum diketahui secara pasti.

Paling tidak bakal adanya agenda pembahasan pengurus harian terhadap laporan pertanggungjawaban manajemen tim, termasuk calon pelatih dan manajer, itu disampaikan Manajer Persib, H. Yossi Irianto. "Sebuah panitia katanya akan segera bertemu," jawab Yossi ketika "GM" bertanya soal bursa calon pelatih dan manajer Persib pada LSI 2008 mendatang, Selasa (15/1).

Setelah mengakhiri Liga Indonesia (LI) XIII/2007, dua posisi penting di dalam tim, yaitu pelatih kepala dan manajer tim memang banyak dibicarakan di internal Persib. Siapa nama yang bakal menduduki jabatan itu selalu menjadi bahan perbincangan sehari-hari di Sekretariat Persib, Jln. Gurame Bandung.

Untuk posisi pelatih, meski Badan Liga Indonesia (BLI) hanya memperbolehkan pelatih berlisensi A yang bisa menangani tim peserta BLI, namun sejumlah nama kandidat pelatih Persib mulai diapungkan, baik oleh pengurus sendiri maupun media. Sejumlah nama yang sudah mencuat ke permukaan adalah Rahmad Darmawan, Dejan Gluscevic, Nandar Iskandar, Indra M. Thohir sampai kepada mantan pelatih tim nasional, Ivan Kolev.

Dari komunitas pelatih Persib yang sudah mengadakan pertemuan beberapa waktu lalu, mereka lebih menginginkan pelatih lokal untuk menangani Persib. "Dalam beberapa musim terakhir, pelatih asing terbukti tidak mampu mengangkat prestasi Persib. Karena itu, kita akan mengusung pelatih lokal," kata Risnandar, ketika itu.

Calon manajer

Meski tidak sebanyak nama pelatih yang dimunculkan, bursa calon manajer Persib pun banyak diperbincangkan banyak orang, termasuk bobotoh. Selain manajer lama, H. Yossi Irianto, nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, H. Edi Siswadi ada kemungkinan ditunjuk Ketua Umum Persib, H. Dada Rosada sebagai manajer. Selain kedua nama tersebut, ada juga kalangan yang menyebut mantan manajer Persib U-23, Jaja Sutradja dan Direktur Diklat Persib, Dandan Rezawardhana, pantas menjadi manajer Persib mendatang. "Pak Jaja dan Pak Dandan cukup bertangan dingin. Saya kira ia pantas juga dipercaya," kata salah seorang pengurus Persib yang meminta namanya tidak disebutkan.

"Kalau Pak Edi Siswadi yang jadi manajer, saya sangat mendukungnya," ujar salah seorang pemain Persib.

Sementara itu, Yossi lebih memilih tidak terlalu banyak berkomentar soal kemungkinan terpilih atau tidaknya lagi. "Setuju dan tidak setuju adalah hal yang wajar sebagai sebuah dinamika. Dalam dua musim terakhir, saya jadi manajer karena merupakan amanah dari ketua umum," katanya.

LSI dibahas

Sementara itu, BLI rencananya akan membahas rancangan pelaksanaan LSI 2008 dengan berbagai standardisasinya pada 20 Januari mendatang di Surabaya bersama seluruh klub peserta. Pada Selasa (15/1), manajemen Persib sudah mendapatkan undangan resmi agenda pertemuan tersebut. (GM)

Tidak ada komentar: