Senin, 14 Januari 2008

Pemain Harus Miliki Kualitas dan Fanatisme

TIDAK hanya memiliki kualitas teknik yang bagus, seorang pemain pun patut memiliki fanatisme dan profesionalisme yang tinggi saat membela timnya. Karena itu, tidak salah jika Tim Lima merekomendasikan sejumlah pilar lokal yang mendominasi skuad Persib menjelang Liga Super Indonesia (LSI) 2008.

Demikian disampaikan mantan pemain Persib, Sutiono Lamso saat dihubungi "GM", Minggu (13/1). Meski hanya sebagai rekomendasi awal, namun kerangka tim tersebut merupakan pilihan terbaik dan berdasarkan penilaian objektif berdasarkan rapor dari setiap pertandingan. Terlebih lagi, Tim Lima diisi mantan pemain yang pastinya mengetahui pasti soal kualitas pemain yang dipilihnya.

"Rekomendasi awal dari Tim Lima ini merupakan penilaian yang objektif selama pemain yang bersangkutan membela Persib. Dengan dominasi pemain lokal asal Bandung, pastinya para pemain memiliki fanatisme yang tinggi saat membela Persib. Para pemain juga sangat memahami karakteristik dan kultur sepak bola di Bandung," papar striker Persib di era '90-an ini.

Sutiono menilai, sejumlah pilar lokal Bandung yang dipertahankan, seperti Cecep Supriatna, Edi Hafid Murtado, Gilang Angga Kusuma, Erik Setiawan, Cucu Hidayat, Suwita Pata, dan Eka Ramdani memiliki kualitas serta fanatisme yang tinggi. "Mereka pemain hebat dan memiliki pengalaman bertanding serta fanatisme untuk membela Persib. Mereka memang layak dipertahankan," puji asisten Pelatih Persib U-23 ini.

Selain itu, nama pemain lokal lainnya yang bukan asli Bandung, seperti Tema Mursadat, Nova Arianto, dan Salim Alaydrus juga layak direkomendasikan. Di samping pemain asing, yaitu Lorenzo Cabanas dan Redouane Barkaoui.

Meskipun masuk dalam rekomendasi Tim Lima, tetapi untuk saat ini belum menjadi jaminan pemain tersebut direkrut Persib musim depan. Pasalnya, kepastian siapa saja pemain Persib pada LSI 2008 akan tergantung pilihan pelatih terpilih. "Ini hanya rekomendasi dari pelatih yang menangani Persib sebelumnya, bukan pilihan pelatih terpilih. Karena belum tentu jika nanti terjadi pergantian pelatih, pemain yang telah direkomendasikan Tim Lima akan dipakai oleh pelatih terpilih," sambung Sutiono. (GM)

Tidak ada komentar: