Jumat, 11 Januari 2008

Barkaoui Bisa Perkuat Pahang

(PR) - Setelah sempat tertahan, akhirnya ITC (international transfer certificate) untuk Redouane Barkaoui, turun pada Rabu (9/1). Dengan demikian, ia sudah bisa tampil memperkuat klub barunya, Pahang saat berhadapan dengan klub Brunei DPMM pada Super League Malaysia, Sabtu (12/1).

"Alhamdulillah, kemarin ITC saya sudah turun. Terima kasih untuk semua yang telah membantu hingga saya bisa mendapatkan ITC dengan lancar," kata Barkaoui melalui surat elektronik yang diterima "PR", Kamis (10/1).

Dihubungi melalui sambungan internasional semalam, Barkaoui mengaku bahwa ITC tersebut turun setelah ia memberikan komitmen akan tetap bersama Persib pada liga musim depan jika masih dibutuhkan. Jadwal Super League Malaysia akan berakhir Juni, sehingga dia memiliki kesempatan ikut Liga Super Indonesia (LSI) 2008 yang akan bergulir Juli.

"Saya ditelefon Nugraha Besoes. Dia memastikan supaya saya kembali ke Persib musim depan. Karena liga di Indonesia baru mulai 21 Juli. Saya bilang siap kalau memang Persib masih mempercayai saya. Segera setelah liga di Malaysia selesai, saya akan ke Indonesia," ujarnya.

Tidak lama setelah pembicaraan tersebut, menurut Barkaoui, ITC-nya pun turun tanpa kesulitan berarti. Padahal, sebelumnya dia sempat dilanda ketakutan karena ITC-nya tak kunjung diturunkan PSSI.

"Sebelumnya saya memang sempat khawatir, jangan-jangan ITC saya tidak bisa turun karena sudah lama di Malaysia belum ada kabar. Alhamdulillah sekarang masalahnya sudah selesai," katanya seraya menitipkan salam untuk semua bobotoh di Bandung dan berjanji akan kembali musim depan.

Sebelumnya, ITC Barkaoui sempat tertahan karena terganjal surat rekomendasi dari Persib yang belum sampai ke tangan PSSI. Hal itu terjadi karena pihak manajemen Persib menunggu komitmen pemain asal Maroko yang rencananya akan direkomendasikan untuk memperkuat Persib musim depan.

"Rekomendasi untuk Barkaoui memang sempat dipending karena kami menunggu komitmen dari Barkaoui. Dia sempat mengatakan akan memprioritaskan Persib untuk musim depan dan pergi ke Malaysia hanya untuk mengisi waktu. Namun, kami perlu memastikan jangan sampai perkataan itu hanya lip service belaka," tutur manajer Yossi Irianto.

Menurut sebuah sumber, alasan penahanan ITC tersebut karena pihak Manajemen Persib Liga XIII/2007 sudah melakukan prakontrak dengan Barkaoui untuk LSI 2008, dengan memberikan uang muka sebesar USD 3.000. Uang tersebut untuk mengganti panjar yang diterima Barkaoui dari klub Pahang. Dengan begitu, Barkaoui usai memperkuat Pahang, harus kembali ke Persib.

Tindakan manajemen Persib tersebut dilakukan agar Barkaoui yang habis kontraknya pada akhir November masih bisa memperkuat "Pangeran Biru" pada sisa pertandingan Liga Indonesia XIII. Barkaoui pun bisa menyelesaikan sisa pertandingan Persib dan baru bertolak ke Malaysia awal Januari lalu.

Sayangnya, hal itu bisa menuai kerugian finansial bagi Persib. Jika pelatih terpilih tidak tertarik merekrut Barkaoui, uang yang dijadikan panjar bisa hangus.

Tidak ada komentar: