Senin, 14 Januari 2008

80 Persen Pemain Dipertahankan

Berdasarkan masukan dari tim pelatih Persib, manajer Yossi Irianto merekomendasikan untuk mempertahankan sekitar delapan puluh persen pemain Persib yang tampil di Liga Indonesia (LI) 2007. Namun Yossi menolak menyebutkan nama-nama pemain yang direkomendasikan untuk tetap berada di tim Maung Bandung tersebut.

"Tapi ini juga sebatas masukan. Berdasarkan evaluasi kami selama musim liga tahun lalu, kita memberikan daftar acuan sebagai masukan. Keputusan untuk melaksanakan rekomendasi dari kami atau tidak, ya terserah pelatih dan manajer baru nanti," kata Yossi kepada Tribun Jabar saat menghadiri perayaan sunatan anak salah seorang bobotoh Persib, Yana di Melong Kidul, Bandung, Sabtu (12/1).

Pada putaran pertama LI 2007, Persib berkekuatan 22 pemain, yang terdiri dari 17 pemain asing dan 5 pemain lokal. Namun perubahan terjadi saat masuk putaran kedua. Nyeck Nyobe ke Persela Lamongan dan Arcan Iurie memasukkan Leo Chitescu. Selain itu, Persib juga memasukkan Sandi Pribadi. Status keduanya di tim Persib sama-sama merupakan pemain pinjaman.

Anggap saja pemain Persib yang lama adalah 22 pemain. Di posisi kiper ada Tema Mursadat, Cecep Supriyatna, dan Edi Kurnia. Di posisi bek ada Patricio Jimenez, (Nyelk Nyobe), Nova Arianto, Aji Nurpijal, Bayusutha, dan Edi Hafid. Di posisi tengah ada Suwita Patha, Gilang Angga, Cucu Hidayat, Eka Ramdani, Salim Alaydrus, Sonny Kurniawan, Yaris Riyadi, Erik Setiawan, Lorenzo Cabanas. Dan di depan ada Zaenal Arief, Redouane Barkawi, Christian Bekamenga, Dicky Firasat.

Terlepas dari sudah dikontraknya Bekamenga selama empat tahun oleh klub Prancis Nantes, berdasarkan pernyataan Yossi, sekitar 18 pemain lama akan tetap menghuni Persib. Sisanya adalah pemain-pemain baru.
"Proses pembentukan tim itu harus berkesinambungan. Walaupun kami ingin sebagian besar pemain dipertahankan, kami tidak ingin persentase itu menjadi sebuah polemik. Rekomendasi itu juga maksudnya adalah bentuk laporan sebagai acuan masukan kebijakan bagi pelatih dan manajer selanjutnya." katanya. (mba)


Hak Pemain Takkan Hilang
BANDUNG, TRIBUN - Manajer Persib Liga 2007, Yossi Irianto, menjamin bahwa hak-hak pemain berupa gaji dan bonus di dua pertandingan terakhir tidak akan hilang. Setelah selesai memberikan laporan pertanggungjawaban kepada Ketua Umum Persib, Dada Rosada, manajemen Persib akan membayar sisa pembayaran gaji dan bonus.

Mengenai pernyataan Sonny Kurniawan yang menagih gaji bulan terakhir dan bonus di dua pertandingan, Jumat lalu, Yossi menegaskan hal itu akan segera diselesaikan. "Hak-hak pemain tidak akan hilang. Pokoknya saya garansi dua ratus persen bahwa masalah itu bisa segera diselesaikan setelah kita memberikan laporan. Kalau sekarang kan posisinya sedang demisioner. Dalam waktu dekat, setelah kita serahkan laporan tim, semua bisa diselesaikan," tegas Yossi di Melong Kidul, Bandung, Sabtu (12/1).

Yossi mengatakan, kepengurusan Persib sedang dalam masa demisioner. Tidak hanya di tim Persib, di jajaran pegawai di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung pun, menurut Yossi, saat ini juga sedang dalam masa demisioner.

Pada masa demisioner ini, masa kepengurusan manajemen Liga 2007 sudah berakhir, tapi di sisi lain kepengurusan baru belum terbentuk. Menurut Yossi, pada masa demisioner ini, rapat dan pertemuan pengurus cukup sering digelar.

Namun Yossi tidak menyebutkan tanggal berapa gaji dan bonus akan dibayarkan. "Kita sedang menyiapkan laporan. Kita tunggu momen yang tepat. Kalau laporan itu selesai, masalah gaji dan bonus dan hak-hak pemain lainnya akan segera diselesaikan." katanya (TRIBUN)

Tidak ada komentar: