Selasa, 16 Oktober 2007

Lebaran, Kami Tetap Latihan

HARI Raya Idulfitri di Buenos Aires jatuh pada Jumat 12 Oktober 2007. Kami melaksanakan salat Id di Masjid Buenos Aires City, yang jaraknya kurang lebih 50 km dari CEFAR. Rombongan timnas memerlukan waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai lokasi.

Salat Id dilaksanakan kurang lebih jam 9.00 waktu setempat. Ada sekitar 200 orang yang ikut salat Id. Mereka berasal dari berbagai negara. Setelah salat, dilanjutkan dengan halal bihalal dan disediakan makanan ala Timur Tengah, seperti kebab, nasi kebuli, dll.

Sedih juga Lebaran tidak bersama keluarga. Apalagi, istri sedang hamil. Namun, ya mau gimana lagi, saya sudah di Argentina. Lebih baik berpikiran positif untuk mengambil hikmahnya dan dinikmati saja.

Setelah selesai acara, kami kembali ke CEFAR karena akan melakukan latihan sore. Kami tidak menunggu sampai salat Jumat karena di sini mulai jam 14.30, sedangkan hari itu ada program latihan sore.

Suasana Lebaran di Buenos Aires dan Bandung sangat berbeda. Di sini tidak terdengar gema takbir. Salat Id juga hanya dilaksanakan di masjid saja. Di Indonesia gema takbir nyaring terdengar dan salat Id banyak yang dilaksanakan di lapangan. Silaturahmi juga hanya orang-orang tertentu. Tidak ada orang-orang yang hilir mudik berpakaian baru.

Pada hari Sabtu setelah latihan pagi, kami bersiap-siap untuk berangkat ke Wisma Indonesia karena kami diundang untuk merayakan Lebaran oleh Dubes RI untuk Argentina, Manurung. Kami berangkat kira-kira pukul 11.00. Sesampainya di Wisma Indonesia, kami bersilaturahmi dengan Pak Dubes dan orang-orang KBRI. Di samping itu ada juga orang Indonesia lainnya sekitar 15 orang, yakni para ABK yang sedang berlabuh di Argentina. Memang sangat sedikit sekali orang Indonesia yang ada di Argentina.

Di Wisma Indonesia disediakan makan siang ketupat sayur dan makanan-makanan khas Indonesia lainnya. Nikmat rasanya makan dengan cita rasa Indonesia, yang selama ini tidak pernah kami rasakan kalau makan di CEFAR.

Setelah selesai bersilaturahmi di Wisma Indonesia, kami berencana melakukan rekreasi dengan jalan di Kota Buenos Aires sebab hari Sabtu, Pelatih Ivan Kolev meliburkan latihan sore.

Kami para pemain, pelatih, ofisial, dari Buenos Aires Argentina mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin.

Wasalam
Eka Ramdani dan dr. Zaini dari Buenos Aires Argentina

Tidak ada komentar: