Senin, 22 Oktober 2007

Belum Tentukan Libero

Tim pelatih masih belum menentukan pilihan calon pemain yang bakal menempati posisi libero karena dua pemain yang sudah terbiasa di posisi tersebut bakal absen akibat akumulasi kartu kuning. Mereka adalah Patricio Jimenez dan Suwita Pata.

Patricio selama ini menjadi andalan Persib di posisi libero sedangkan Suwita menempati libero jika Patricio absen. Jika Patricio main, Suwita sebagai gelandang bertahan. "Kami akan melihat dalam dua kali latihan terakhir," ujar asisten pelatih Djadjang Nurdjaman kepada wartawan Pikiran Rakyat, Irfan Suryadireja dan Andri Gurnita di Hotel Sahid Yogyakarta, Minggu (21/10) pagi.

Saat ini, Persib masih memiliki tiga pemain belakang, yakni Aji Nurpijal, Edi Hafid Murtado, dan Sandy Pribadi. Namun, dari sisi jam terbang, mereka dinilai masih kurang siap karena selama ini mereka jarang dimainkan. Ketiga pemain itu sebenarnya memiliki kualitas baik, namun karena sulit mendapatkan tempat inti, mereka lebih sering duduk di bangku cadangan.Dari tiga pemain itu, pemain yang bertipikal libero hanya Edi Hafid sedangkan Aji dan Sandy sebagai stoper.

Namun, saat ada pemain stoper atau libero yang cedera, ketiga pemain itu tidak pernah diberikan kesempatan main. Tim pelatih justru memilih pemain lain yang bukan spesialisasinya dipindahkan ke posisi tersebut.

Melihat kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan pemain yang ditempatkan di posisi libero nanti adalah pemain dari posisi lain. "Kami akan melihat kondisi terakhir semua pemain," ujar Djadjang.

Pada posisi stoper, Persib akan menurunkan dua pemain intinya, Nova Arianto dan Bayusutha. Bayusutha sudah bergabung Minggu (21/10) siang di Hotel Lotus Kediri Jatim. Kehadiran pemain yang menikah pada 13 Oktober lalu itu, setidaknya bisa menambah kekuatan di belakang. Karena itu, tim pelatih tinggal mencari pemain yang tepat mengisi libero. Tidak menutup kemungkinan Erik Setiawan atau Leo Chitescu yang menempati posisi tersebut.

Pemain muda

Manajer Persib, H. Yossi Irianto bersikap realistis soal pemain yang pantas ditempatkan sebagai libero. Menurut dia, lebih baik memilih pemain yang biasa di posisi tersebut. "Tidak perlu ragu jika memang pilihan kepada Edi. Dia harus diberi motivasi. Ini menjadi kesempatan buat Edi untuk memperlihatkan kemampuannya," ujar Yossi.

Kendati begitu, dia mempersilakan tim pelatih untuk memilih secara tepat melihat dari dua latihan terakhir. "Kami merasa lega Bekamenga akan bergabung Senin (22/10), tapi di lini belakang kehilangan pemain yang biasa di libero," ujarnya.

Christian Bekamenga dipastikan akan tiba di Indonesia Senin (21/10). Ia akan langsung terbang dengan pesawat ke Surabaya dari Jakarta dan diperkirakan akan tiba pukul 19.00 WIB.

Minggu kemarin, rombongan Persib melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta ke Kediri. Rombongan menggunakan bus Persib, menempuh waktu tujuh jam. Tiba di Kediri pukul 17.15 WIB. Jalur selatan cukup padat karena bertepatan dengan puncak arus balik.

Tidak ada komentar: