Senin, 22 Oktober 2007

Gol ”Suster Ngesot” untuk ”Bobotoh”

BUKAN hal yang baru bagi Nova Arianto mencetak gol melalui sundulan hasil umpan dari bola mati, terutama tendangan penjuru. Gol seperti yang melesak ke gawang PSS di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (20/10), pernah terjadi saat melawan Persikota di Tangerang, PSMS di Medan pada LI 2007, dan PSM di Makassar pada Piala Jusuf 2007.

Gol seperti itu merupakan hasil sebuah proses yang terencana, dan selama ini dia memang secara khusus mengasah naluri gol lewat umpan-umpan dari bola-bola mati. Dia mengambil ancang-ancang dari titik penalti, kemudian berlari ke arah tiang gawang sambil menyambar bola.

Gol dari proses tersebut sering dilengkapi selebrasi Nova dengan gaya "suster ngesot". Namun, saat menjaringkan ke gawang PSS Sleman, gerakan ngesot-nya hanya dua kali karena pemain lain langsung memburu dan merangkulnya bersamaan. Sebelum ngesot, Nova sempat merayakan dengan berjoget dulu.

Bobotoh sebenarnya tidak menduga bakal terjadi gol. Ketika gol terjadi, bobotoh terlambat bersorak karena melihat wasit seperti ragu-ragu mengesahkannya. Nova mengaku senang bisa mencetak gol, apalagi sebagai penentu yang menjadikan Persib terhindar dari kelelahan. "Proses gol saya sudah biasa seperti itu," ujarnya.

Nova mengatakan, kehadiran bobotoh di stadion ikut memberikan motivasi kepada dirinya memberikan yang terbaik buat mereka. Karena itu, seusai pertandingan saat pemain masuk ruang ganti, Nova seorang diri menghampiri ribuan bobotoh yang menonton di tribun selatan. Ia melambaikan tangan dan mengucapkan terima kasih. Bobotoh memberikan penghargaan tepuk tangan sambil berdiri serta berteriak sama-sama Nova Arianto... Nova Arianto....

"Saya sangat terkesan dengan semangat bobotoh yang terus-menerus membakar semangat pemain. Mereka yang ikut berjasa membuat pemain selalu berusaha tampil sebaik mungkin," ujarnya.

Nah, kita tunggu lagi, gol-gol Nova melalui sundulan di pertandingan berikutnya.

Tidak ada komentar: